SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN NGESTIHARJO KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO

Artikel

Pisowanan Agung Warga Padukuhan Turip Dalam Rangka Merti Padukuhan

18 Juli 2023 14:54:18  Admin Kalurahan  675 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari sabtu malam minggu (8/7/2023) bertempat di padukuhan Turip kalurahan Ngestiharjo dilaksanakan kegiatan "Pisowanan Agung Warga Padukuhan Turip" dalam rangka Merti Padukuhan Turip Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung malam hari tersebut diawali dengan kegiatan Kirab warga dan juga grup seni menuju ke pusat kegiatan yaitu di halaman rumah Bapak Dukuh Turip.

"Puncak acara Merti Padukuhan Turip adalah malam hari ini, akan tetapi sejak hari jumat kemarin sudah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan sejak pagi hari yaitu kerja bakti massal dan ziarah ke makam muassis/cikal bakal/pendiri Padukuhan Turip di makam Ky Anthong dan Makam Jangkang Triharjo" demikian disampaikan Sujono Dukuh padukuhan Turip.

Kirab berlangsung meriah, kirab diawali dengan bergada dari Karang taruna dengan membawa gunungan hasil bumi kemudian di ikuti grup seni dan selanjutnya warga dari seluruh RT di wilayah Padukuhan Turip. Tampak banyak warga yang berjubel di sepanjang rute kirab untuk menyaksikan kegiatan ini.

Rute kirab berakhir di halaman rumah bpk Dukuh Turip, kemudian warga menempatkan diri ditempat yang telah disediakan. Suasana tampak khidmat karena hanya diterangi dengan lampu petromak dan nyala oncor/dian yang dipasang berjajar di sekeliling lokasi tersebut.

Dalam sambutannya perwakilan dari Dinas Kebudayaan kabupaten Kulon Progo memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas antusiasme warga masyarakat Padukuhan Turip dan juga konsep acara yang dilakukan di waktu malam "luar biasa antusias warga yang mengikuti kegiatan ini dan konsep acara yang digelar pada malam hari ini mungkin baru pertama kali dilakukan tentu saja dengan kreatifitas dan persiapan panitia penyelenggara yang luar biasa" pungkas Rudiatin, S.Pd. M.Pd.

Setelah sambutan baik dari panitia penyelenggara maupun perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten KP, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni rebana "isyfa' Lana" ibu-ibu RT 25 Turip, dilanjutkan dengan umbul donga/doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Kyai Masykuri dilanjutkan dengan Kembul Bujana/Makan bersama. Sebelum acara ditutup di laksanakan terlebih dahulu pertunjukan seni jathilan klasik "Turonggo Mudho" Padukuhan Turip dan sesi akhir adalah Rayah Gunungan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Ngentak,Ngestiharjo,Wates, Kulon Progo
Kalurahan : NGESTIHARJO
Kapanewon : Wates
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55611
Telepon :
Email : pemdes.ngestiharjo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:39
    Kemarin:259
    Total Pengunjung:216.739
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.126.80
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 40.098 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 40.031 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 40.028 Kali
Data Desa
05 Juli 2019 | 40.000 Kali
Permohonan Informasi
05 Maret 2019 | 39.993 Kali
Profil Wilayah Desa
22 Januari 2019 | 39.975 Kali
Visi Misi
05 Maret 2019 | 39.963 Kali
Sejarah Desa

Statistik SID