You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan NGESTIHARJO

Kap. Wates, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

KELAS IBU HAMIL DI BALAI KALURAHAN NGESTIHARJO


KELAS IBU HAMIL DI BALAI KALURAHAN NGESTIHARJO

Pada hari Senin (21/06/2021) bertempat di Lantai 2 (dua) Balai Kalurahan Ngestiharjo Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo, Pemerintah Kalurahan Ngestiharjo megadakan kelas bumil bagi ibu-ibu hamil di Kalurahan Ngestiharjo. Tujuan dari kelas ibu hamil adalah dalam rangka mengedukasi para ibu ibu atau calon ibu agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan yang sehat dan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan. Hadir dalam kegiatan ini : Bapak Dokter Susilo Kepala UPT Puskesmas Wates, Ibu Riska Pena. Amd.Keb dari UPT Puskesmas Wates, Ibu Kasriyati koordinator PLKB Kapanewon Wates, Pamong Kalurahan Ngestiharjo, Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kalurahan Ngestiharjo dan Ibu-ibu peserta kelas ibu hamil.

Dalam sambutannya Lurah Ngestiharjo yang diwakili oleh Carik Ngestiharjo menyampaikan bahwa kegiatan kelas bumil ini adalah kegiatan yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan Ngestiharjo Tahun 2021 Bidang pelaksanaan pembangunan dan sub bidang Kesehatan. Kegiatan ini didanai oleh Dana Desa, jadi Dana Desa tidak hanya identik untuk mendanai kegiatan fisik infrastruktur saja akan tetapi juga untuk mendanai kegiatan pendidikan dan kesehatan, dalam rangka pembangunan sumber daya manusia.

Di kesempatan selanjutnya Bapak Dokter Susilo selaku Kepala UPT Puskesmas Wates menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan dan menjalani masa kehamilan sampai persalinan faktor kesiapsiagaan suami adalah utama terutama mendampingi saat kehamilan maupun saat persalinan nantinya dan kepada ibu ibu yang hadir harus punya nomer HP atau kontak kader-kader kesehatan kalurahan maupun Ibu Bidan Puskesmas untuk konsultasi dalam masa-masa  kehamilan maupun persiapan persalinan.

Acara inti dari Kelas ibu hamil ini adalah penyampaian materi dari Ibu Riska Pena, AMd.keb...materi yang disampaikan diantaranya :

  • Kesehatan selama kehamilan, termasuk pola makan sehat.
  • Olah raga untuk membuat ibu hamil tetap bugar dan aktif selama kehamilan.
  • Bagaimana membantu diri sendiri selama persalinan dan kelahiran.
  • Teknik relaksasi
  • Informasi tentang berbagai jenis kelahiran dan intervensi medis.
  • Cara merawat bayi 
  • Kesehatan setelah melahirkan

Karena masih dalam masa pandemi, maka kegiatan ini tetap menerapkan protokoler kesehatan yaitu dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun, cek suhu badan dengan thermogun dan jumlah peserta di dalam ruangan yang dibatasi dan jaga jarak.

Di sesi terakhir peserta dilatih dan dipandu untuk melaksanakan senam ibu hamil dan nanti bisa dipraktekan sendiri di rumah.

 

Bagikan artikel ini: