Pada hari Senin(10/05/2021) bertempat di Lantai 2 Gedung Balai Kalurahan Ngestiharjo, Pemerintah Kalurahan Ngestiharjo menggelar bimbingan teknis Pendataan SDGs Kalurahan untuk Kelompok Kerja (POKJA) sesuai di surat keputusan Lurah Ngestiharjo Nomor 27 tahun 2021 tentang Pembentukan kelompok kerja pendataan SDGs Kalurahan Ngestiharjo Tahun 2021.
Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Lurah ngestiharjo, Carik selaku ketua Pokja, Ulu-Ulu selaku sekretaris dan petugas pendata/enumerator yang meliputi pendata individu, pendata rumah tangga/keluarga, pendata RT dan pendata desa. Untuk narasumber dalam bimbingan teknis ini adalah pendamping desa dan Lokal desa yang ada di Kapanewon Wates. Para pendamping yang terdiri dari tiga orang secara bergantian menyampaikan penjelasan tentang tata cara, tahapan pendataan, serta pemahaman konsep dari pertanyaan di tiap tiap kuisioner. Untuk penjelasan tentang kuisioner rumah tangga/keluarga disampaikan oleh Bpk Murdi Yulianta, untuk penjelasan tentang kuisioner individu disampaikan oleh pendamping lokal desa Bpk Rumpis Sunarno, sedangkan untuk penjelasan tentang kuisioner RT dan desa disampaikan oleh Bpk Ir Yusub Budi Sutrisna, dalam bimtek ini selain mendengarkan penjelasan dari narasumber, peserta langsung praktek di HP android masing masing.
Untuk kalurahan Ngestiharjo dalam pendataan ini melibatkan 17 petugas pendata/enumerator untuk pendata individu dan rumah tangga/keluarga, 5 pendata/enumerator untuk pendata RT, 1 pendata/enumerator untuk pendata tingkat desa dan dua orang admin kalurahan. Jumlah pendata tersebut disesuaikan dengan jumlah penduduk dan keluarga yang ada lima padukuhan di Kalurahan Ngestiharjo, sehingga dengan beban kerja yang terukur pada setiap pendata/enumerator diharapkan pendata akan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu yaitu selesai pada tanggal 31 Mei 2021.
Dalam bimtek ini juga dihasilkan kesepakatan -kesepakatan tentang rencana kerja tindak lanjut setelah acara ini salah satunya adalah segera memulai pendataan sesuai dengan wilayah tugas masing-masing pendata.