SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN NGESTIHARJO KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO  

REMBUK STUNTING DAN SOSIALISASI PENDATAAN SDGs KALURAHAN NGESTIHARJO

PAHLAWAN KESIANGAN | 23 April 2021 21:54:20 | Berita Desa | 313 Kali

Pemerintah Kalurahan Ngestiharjo Kapanewon Wates menggelar Rembuk Stunting dan sekaligus Sosialisasi pendataan SDGs Kalurahan pada hari rabu (21/04/2021) bertempat di Lantai 2 gedung balai Kalurahan Ngestiharjo. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB, hadir dalam kegiatan ini dari unsur wakil UPT Puskesmas Wates, Jawatan sosial Kapanewon Wates,PLKB Kapanewon Wates, Babinsa Kalurahan Ngestiharjo, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Lurah dan Pamong Kalurahan Ngestiharjo, Badan Permusyawaratan Kalurahan Ngestiharjo, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kader Posyandu, Karang Taruna.

Mengawali acara sambutan, Lurah Ngestiharjo menyampaikan " Rembuk Stunting ini merupakan salah satu rangkaian pra musyawarah kalurahan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKP Kalurahan ) untuk tahun anggaran 2022, juga ini sebagai salah satu upaya perkuat komitmen Pemerintah Kalurahan dalam pencegahan stunting di tingkat Kalurahan". Selain Bpk Lurah, sambutan juga disampaikan oleh wakil dari UPT Puskesmas Wates yang menyampaikan definisi tentang stunting dan bahwa permasalhan stunting ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor gizi anak saja, tapi juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain seperti, pola asuh anak, merokok, ketersediaan air bersih/minum layak, jamban keluarga dll, sehingga dalam penanganan dan pencegahannya harus dilakukan secara menyeluruh atau konvergensi. Berikutnya tambahan sambutan dari Jawatan Sosial Kapanewon Wates, PLKB Kapanewon Wates (Ibu Kasriyati SE) dan Pendamping Lokal Desa (Rumpis Sunarno).

Pada acara Musyawarah di pandu langsung oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kalurahan Ngestiharjo, yang memaparkan tentang :

  1. Data stunting anak umur 0-2 tahun di Ngestiharjo pada tahun 2019-2020;
  2. Data gizi buruk anak usia 0-2 tahun di Ngestiharjo pada tahun 2019-2020;
  3. Data sasaran 1000 HPK Kalurahan Ngestiharjo;
  4. Data sasasran ibu hamil dan nifas;
  5. Hasil scorecard konvergensi stunting Tahun 2020;
  6. Evaluasi pelaksanaan kegiatan konvergensi stunting APBKal tahun 2020;
  7. identifikasi permasalahan dan penyelesaiannya;
  8. Usulan kegiatan untuk kegiatan konvergensi stunting tahun 2022 yang nanti akan dibawa ke Musyawarah Kalurahan.

di akhir acara rembuk stunting ini disepakati perwakilan yang akan mengikuti dan menyampaikan hasil rembuk stunting ini dalam Musyawarah Kalurahan untuk perencanaan tahun 2022.

Untuk acara berikutnya disampaikan sosialisasi pendataan SDGs Kalurahan Tahun 2021 oleh Pendamping Desa (ir Yusub Budi Sutrisna). Pendataan SDGs ini adalah proses penggalian, pengumpulan, pencatatan dan verifikasi dan validasi potensi dan data Desa oleh timpendata yang ada di SK Pokja relawan pendataan SDGs Desa. Pemutakhiran data meliputi data level desa, Rukun Tetangga, Keluarga dan individu. Untuk waktu pendataan adalah bulan Mei 2021.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan masker dari Koramil Wates yang secara simbolis di lakukan oleh bapak Babinsa Kalurahan Ngestiharjo dan diterima oleh Bapak Lurah Ngestiharjo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Ngentak,Ngestiharjo,Wates, Kulon Progo
Kalurahan : NGESTIHARJO
Kapanewon : Wates
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55611
Telepon :
Email : pemdes.ngestiharjo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID